Kamis, 10 Januari 2013

SEJARAH TEKNOLOGI


Perkembangan Teknologi semakin cepat dan menuju ke teknologi ramah lingkungan. Banyak perusahaan yang mencoba untuk mengurangi pemanasan global alias global warming untuk setiap produknya, baik produk elektronik maupun produk lainnya. Salah satu perkembangan teknologi elektronik yang ramah lingkungan adalah Televisi. Perkembangan teknologi televisi mengalami evolusi menuju penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dengan fitur yang lebih modern. Perkembangan teknologi tak lepas dari perkembangan teknologi lainnya, dari ditemukannya hukum Gelombang Elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) (awal dari era komunikasi elektronik), George Carey menemukan sinar katoda (1876) sampai ditemukannya televisi tabung pertama kali di dunia oleh Vladimir Kozma Zworykin pada tahun 1923 dan televisi berwarna pada tahun 1940 oleh Peter Goldmark. Tahun 1956 Robert Adler dan Eugene Polley menemukan remote control televisi. Penggunakan tabung dalam televisi yang dianggap tidak dinamis maka banyak penelitian yang ingin mengganti teknologi tabung menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) dan gagasan ini pertama kali dikemukakan oleh Dr. Glenn Brownide pada tahun 1958 pada karya tulis ilmiahnya tentang LCD sebagai tampilan layar televisi. sedangkan LCD sendiri adalah perkembangan dari penemuan liquid crystals oleh Freidrich Reinitzeer (1888). Kemudian teknologi televisi berkembang pesat sampai ditemukannya teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) oleh Ilmuan perusahaan Kodak (1979), dan teknologi LCD berwarna yang stabil dan cemerlang (1995, oleh Larry Weber). Dan yang terbaru adalah penggunakan teknogi Light Emitting Diode (LED) pada Televisi.


Televisi berbasis LED pertama kali dibuat oleh Sony pada tahun 2004, kemudian Philips elektronik tak mau ketinggalan dan diikuti oleh perusahaan elektronik asal korsel Samsung dan LG. Menyikapi perkembangan LED sebagai teknologi yang ramah lingkungan karena dipercaya dapat menghemat energi sebesar 48%. Untuk Televisi LED Sony mengeluarkan produk Bravia seri X, sedagkan Philips mengeluarka seri 8000 sampai yang paling anyar cinema 21:19 kecuali essence, samsung mengeluarkan seri LED TV series 6, 7 dan 8 sedangkan LG Electronics meluncurkan seri LH90 240 megahertz.

Samsung menyikapi perkembangan teknologi LED dengan serius dengan cara membuka perusahaan LED gabungan antara Samsung Electro-Mechanics dan Samsung Electronics. Perusahaan ini nantinya akan membuat produk-produk yang berasal dari teknologi LED. Seperti yang aku bilang di atas samsung sudah mengeluarkan Produk Tv dengan teknologi LED yaitu Samsung LED TV Series6, 7 dan 8. Samsung LED TV Seri 6: Desain ramping yang menggoda disertai dengan keindahan estetika; Samsung LED TV Seri 7: Jembatan hiburan menuju kepuasan baru yang lebih tinggi melalui konektifitas yang inovatif; Samsung LED TV Seri 8 : Desain premium dan kinerja yang kokoh dengan teknologi masa depan.
Kelemahan dari penggunaan LED TV adalah cepat panas dan harga yang ditawarkan Lebih mahal daripada LCD TV dengan ukuran yang sama. Tapi dengan harga yang mahal imbang dengan yang kita dapatkan dari LED TV, apalagi saat kondisi yang sedang resesi ekonomi seperti ini. Tapi next time pasti akan ada perkembangan teknologi yang lebih baik dan ramah lingkungan

LED memiliki sejumlah kelebihan karena ia mengonsumsi energi lebih sedikit, memiliki masa pakai yang lebih lama dan dapat memperbaiki kontras dan image yang ditampilkan. LED TV juga lebih ringan dan tipis dibandingkan LCD TV yang menggunakan lampu fluorescent untuk memancarkan caha

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates