Rabu, 09 Januari 2013

persebaran flora dan fauna di indonesia


1.    Jenis flora di Indonesia
            Flora di indonesia dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu hutan hujan tropis, hutan musim, dan hutan sabana tropic.
a.    Hutan hujan tropis, hidup sepanjang tahun, hutan njenis ini tersebar disumatra, Kalimantan dan papua.
b.    Hutan musim, pada musim kemarau dedaunan pada rontok. Hutan jenis ini terdapat dijawa bagian timur, Sulawesi, dan nusa tenggara.
c.    Hutan sabana tropic, berupa rerumputan dan semak belukar. Hutan ini hanya ada disebagian kecil wilayah nusa tenggara, antara lain,pulau sumba dan pulau timor.
2.    Jenis dan persebaran fauna di Indonesia
               Indonesia memilki keanekaragaman jenis fauna, antara lain, dari 8000 jenis reptilian di dunia, 25% diantaranya terdapat di Indonesia.
            Persebaran fauna di Indonesia diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu:
a.    Fauna asiatis
           Fauna di wilayah Indonesia bagian barat banyak menyerupai daratan asia. Persebaran fauna dibagian barat, yaitu dari wilayah Sumatra, jawa, bali,Kalimantan, hingga selat makasar dan selat  Lombok, fauna di daerah barat ini terdapat banyak binatang menyerupai dengan cirri jenis hewan besar.fauna itu antara lain : gajah, badak, harimau, dan orangutan.
b.    Fauna australis
            Fauna australis banyak terdapat diwilayah Indonesia bagian timur, berupa burung dan jenis binatang berkantung, fauna jenis ini antara lain: cenderawasih, kasturi, kanguru.
c.    Flora dan fauna peralihan
              Tumbuhan di daerah pantai hampir sama dengan tumbuhan di papua, sedangkan yang ada pada daerah pegunungan mirip dengan yang ada dikalimantan.
            Sebagian flora,fauna diwilayah peralihan ini berjenis asiatis dan australis, contohnya antara lain : anoa, babi rusa, burung maleo, bengkarung, dan komodo.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates