Senin, 07 Januari 2013

sejarah internet


Sejarah internet
         Awal mula teknologo internet dimulai pada tahun 1969, saat department pertahanan (DOD) Amerika Serikat menandanai sebuah proyek penelitian jaringan computer yang dilakkan oleh Advanced Research Projrcts Angency (ARPA). Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan computer berskala nasional(Amerika) yang  memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi infrmasi walaupun masing-masing agen menggunakan tipe jaringan yang berbeda.
         Selama tahun 1960an dan 1970an, teknologi jaringan computer semakin berkembang pesat dan maju. Hal ini ditandai dengan adanya  LAN (Local Area Network) yaitu jaringan computer pada area local serta jaringan computer yang lebih besar disebut WAN (Wide Area Network).
             Lan dan Wan mampu mempermudah pertukaran informasi antar computer, akan tetapi informasi tersebut han ya berhe nti pada batas-batas jaringan tersebut, setiap jaringan memiliki teknologi  yang berbeda untuk melakukan transfer data, sehingga hanya bisa bekerja pada computer dengan spesifikasi tertentu saja. Akibatnya sebagian besar teknologi LAN WAN tidak kompatibel antara yang satu dengan yang lain.
               Internet direncang untuk menghubungkan antar jaringan-jaringan yang berbeda tersebut dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar pengguna  secara bebas. Hal ini dapat terjadi dengan penambahan satu computer route yang bertugas menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, diperlukan sebuah protocol yang mengatur bagai mana proses pertukaran data berlangsung. Protocol jaringan terbaru yang digunakan di internetadalah TCP/IP.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates