Rabu, 09 Januari 2013

permainan bola voli


Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu dimana tiap regu terdiri atas 6 pemain. Regu yang dinyatakan menang adalah regu yang telah memperoleh nilai 25 poin. Dalam permainan bolavoli. Beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai agar dapat bermain dengan baik dan benar.
Berkut teknik dasar dalam permainan bola voli:
1.      Teknik dasar servis
                 Servis merupakan serangan pertama dalam permainan bola voli. Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Macam-macam servis dan cara memukulnya adalah sbb:
a.      Servis bawah
        Servis bawah dapat dipraktekan dengan cara pemain berdiri dibelakang garis lapangan. Bola dipegang dengan tangan kiri. Saat bola pada ketinggian pinggang lalu dipukul masuk ke lapangan lawan melewati diatas net.
b.      Servis atas
             Ada dua macam tipe servis atas, yaitu tipe servis tenis dan tipe servis floating.sebenarnya yang membedakan kedua tipe ini adalah perkenaan tangan pada waktu memukul bola.
2.      Teknik dasar smesh (spike)
        Smash atau spike adalah pukulan serangan yang keras, dengan arah menukik dan mematikan. Proses melakukan smash dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu:
a.      Awalan                                    c.memukul bola
b.      Tolakan                                   d. sikap mendarat
3.      Teknik dasar passing atas
              Passing merupakan unsure paling penting dalam permainan bola voli. Pengusaan teknik passing atas dengan baik akan menentukan keberhasilan regu. Passing atas  adalah passing yang dilakukan dengan teknik atas tanpa mengadakan gerakan terlebih dahulu.
4.      Teknik dasar membendung (blocking)
                 Bendungan atau bloking adalah salah satu upaya untuk menahan serangan lawan, dengan harapan untuk memperoleh nilai. Blocking yang baik disamping dapat menahan serangan lawan juga sekaligus mematikan  serangan lawan untuk memperoleh nilai. Blocking yang tepat adalah pada saat bola akan dipukul oleh tangan smeshter kedua belah tangan blocker benar-benar mengurung bola secara tepat.sehingga bola tertahan dengan sempurna dan bola akan memantul kembali ke daerah lawan.

5.      Koordinasi keterampilan teknik dasar
             Koordinasi ketrampilan teknik dasar dapat dilakukan secara berkelompok dengan modifikasi lapangan disesuaikan dengan keadaan siswa. Berikut ini contoh latihan koordinasi ketrampilan teknik dasar gerakan servis, passing bawah, passing atas, smash, dan membendung bola (blocking) dalam bentuk kelompok..

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates