Senin, 07 Januari 2013

mekanisme peredaran dada dan perut


Mekanisme peredaran dada dan perut
a.     Pernafasan dada
1.     Inspirasi terjadi apabila otot antar tulang rusuk berkontraksi maka tulang-tulang rusuk terangkat sehingga volume rongga dada membesar. Hal ini mengakibatkan tekanan dalam rongga dada lebih kecil dari pada tekanan udara diluar trubuh.akibatnya,udara diluar yang mempunyai tekanan lebih besar masuk kedalam paru-paru.
2.     Ekspirasi terjadi apabila otot antar tulang rusuk berelaksasi maka tulang-tulang rusuk kembali kepisisi semula sehingga volume rongga dada mengecil. Hal ini mengakibatkan tekanan dalam rongga dada lebih besar daripada tekanan udara diluar tubuh. Akibatnya, udara dalam ronnga dada keluar dari paru-paru.
b.     Poernafasan perut
1.     Inspirasi terjadi apabila otot diagframa berkontraksi maka posisi diagfragma akan mendatar hal in I mengakibatkan volume rongga dada membesar sehingga tekanan udara didalamnya mengecil.akibvatnay udara masuk kedalam paru-paru.
2.      Ekspirasi terjadi apabila otot diagfragfma berelaksasi dan otot dinding perut berkontraksi maka isi rongga perut akan terdesak kea rah diagfragma.hal ini mmengakibatkan posisi diagfragma akan cekun g kea rah rongga dada. Akibatnmya,rongga dada mengecil dan tekananya meningkat sehinnag udara terdorong keluar dari paru-paru.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates