Rabu, 09 Januari 2013

cara melakukan lompat jauh gaya menggantung


                   Ada tiga macam gaya yang sering digunakan oleh para atlit dalam pelaksanaan perlombaan lompat jauh, antara lain gaya jongkok (tuck), gaya menggantung (schnepper/hang style), dan gaya berjalan di udara (walking in the air ). Ketiga gaya tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu agar dapat mencapai jarak lompatan yang optimal. Unsure pertama yang harus  benar-benar dikuasai demi kelangsungan rangkaian gerakan lompat jauh gaya menggantung adalah sebagai berikut:
1.       Teknik dasar awalan
Cara melakukanya adalah sebagai berikut:
a.       Mengambil sikap awalan sepanjang 30-45 meter, dilanjutkan lari secepat-cepatnya.
b.      Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tu mpuan. Agar mendapatkan awalan yang cepat dan tepat diperluakan beberapa ha, antara lain membuat langkah yang selalu sama dan membuat tanda (check mark) pada permulaan awalan dan 4 langkah sebelum  menumpu.
2.       Teknik tumpuan/ tolakan
    Cara melakukannya adalah :
a.       Tolakan kaki menggunakan kaki yang terkuat dan dilakukan dengan sekuat-kuatnya.
b.      Dengan dibantu oleh ayunan kedua belah tangan ke atas, badan diangkat ke atas depan saat di udara.
c.       Pada saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, pasisi badan lebih dtegakan.
d.      Urutan tumpuan kaki menolak pada papa tumpuan mulai dari tumit, telapak kaki, dan diteruskan pada ujung telapak kaki.
3.       Teknik sikap badan di udara
         Cara melakukannya dalah :
a.       Setelah menumpu dengan kaki yang kuat, kaki ayun di ayunkan kedepan,saat mencapai ketinggian maksimal kaki ayun tadi digerakan lagi kebelakang hingga bersatu dengan kaki tumpu.
b.      Bersamaan dengan itu kedua lengan diayunkan lurus keatas belakang, pandangan kedepan sebelum mendarat kedua kaki diluruskan kedepan,kedua lengan diayunkan cepat kedepan terus kebelakang, baru setelah mendarat kedua lengan digerakan lagi kedepan untuk menghindari mendarat dengan pantat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jawaban yang saya butuhkan ada semua, saya berterimakasih pada anda. kiriman ini sangat bermanfaat sekali bagi saya.. sekali lagi terima kasih

Unknown mengatakan...

Iya
🙏

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates